>
Selamat Datang di Laman Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Tanjungpura

Detail Berita

Seputar Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

Pelatihan Penggunaan Learning Management System (LMS) Level Intermediate

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Aula LPPPM Universitas Tanjungpura pada tanggal 10 Agustus 2024. Dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Tanjungpura Dr. Achmadi, M.Si. Dalam pidato pembukaan menyampaikan, Learning Management System telah menjadi bagian integral dari dunia pendidikan dan pelatihan modern, dalam era digital LMS menjadi jembatan yang menghubungkan antara pendidik, peserta didik dan materi pembelajaran. Pelatihan tingkat intermediate ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam, mengenai fitur-fitur dan penggunaan yang lebih canggih dari LMS. Melalui pelatihan ini ia berharap peserta dapat  memperluas wawasan dan keterampilan dalam mengoperasikan LMS, dengan lebih efektif. Ini dapat menjadi langkah penting dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif, terukur dan responsif. Peserta akan belajar bagaimana memanfaatkan alat dan fitur yang tersedia dalam LMS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, memantau perkembangan mahasiswa,  serta berkolaborasi secara lebih efisien. Dalam proses belajar ini akan ada tantangan dan hambatan yang akan dihadapi namun justru dari setiap tantangan itulah bisa belajar dan tumbuh.

Ia mengajak semua peserta menjadikan pelatihan ini sebagai kesempatan berharga untuk mengatasi tantangan dan hambatan. Dan mengembangkan diri dalam menguasai LMS. Universitas tanjungpura sangat terbuka untuk bergandengan tangan, kolaborasi bersama dalam mencapai berbagai hal. Hal ini dikarenakan kami menyadari bahwa perubahan yang sangat cepat dewasa ini tidak dapat kita hadapi dengan sendiri. Melainkan dengan kekuatan kolaborasi bersama. Dari pelatihan ini diharapkan dapat berkolaborasi pemikiran-pemikiran sehingga dapat menghasilkan keluaran berupa modul pembelajaran yang siap digunakan untuk kebutuhan mengajar agar proses pembelajaran berlangsung secara efisien dan efektif dengan memanfaatkan teknologi informasi di dalamnya. Kedepan ia berharap peserta pelatihan ini dapat memanfaatkan penggunaan LMS secara optimal guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran.

Serta sebagai salah satu upaya pendukung peningkatan akreditasi program studi maupun akreditasi perguruan tinggi. Sebagaimana salah satu poin dalam klasterisasi akreditasi penggunaan LMS ini sebagai salah satu pintu dalam mengekspansi maupun pembelajaran secara nasional. Sehingga pada akhirnya dapat juga digunakan dalam LMS SPADA. Para instruktur yang akan membimbing adalah para ahli dibidang masing-masing. Mereka telah siap memberikan ilmu dan pengetahuan kepada kita semua. Ini adalah peluang emas untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Ilmu yang kita peroleh tidak hanya harus kita simpan dalam diri sendiri. Tapi harus kita bagikan kepada teman-teman sejawat. Ia berharap peserta dapat menjadi agen perubahan yang turut serta dalam memajukan dunia pendidikan dan pelatihan melalui pemanfaatan teknologi serta Learning Management System.