>
Selamat Datang di Laman Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Tanjungpura

Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Surat Keputusan Rektor Pembentukan

Pusat MBKM dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Nomor 1364/UN22/KP.15/2024 Tanggal 6 Februari 2024 tentang perubahan atas keputusan rektor nomor 1168/UN22/KP.15/2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan pengelola Pusat Pengembangan Pembelajaran, pengelola Pusat Penjaminan Mutu, pengelola Pusat Mata Kuliah Wajib Kurikulum, pengelola Pusat Bimbingan dan Konseling, pengelola Pusat E-Learning, pengelola Pusat Pengembangan Karir dan pengelola Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan pengelola Pusat Pendidikan Karakter Pancasila pada Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Universitas Tanjungpura.

Tugas Pokok dan Fungsi MBKM

  1. Berkoordinasi dengan pimpinan perguruan tinggi, LP3M, fakultas, dan program studi dalam merencanakan, menjalankan, dan memonitoring kegiatan MBKM.
  2. Berkoordinasi dengan pimpinan perguruan tinggi, fakultas, dan program studi agar mahasiswa mendapatkan pengakuan hasil belajar hingga 20 SKS setelah menyelesaikan program MBKM.
  3. Berkoordinasi dengan program studi dalam penyusunan dosen pembimbing lapangan.
  4. Berkoordinasi dengan layanan Biro Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat perguruan tinggi dalam menjamin terjadinya kerjasama dengan mitra MBKM.
  5. Berkoordinasi dengan layanan Biro Akademik dan Kemahasiswaan perguruan tinggi dalam pelaporan data dan analisis data MBKM.
  6. Berkoordinasi dengan layanan Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi perguruan tinggi dalam manajemen sistem informasi MBKM.
  7. Berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan lembaga negara lainnya sebagai stakeholder Pusat MBKM.
  8. Berkoordinasi dengan instansi, lembaga, atau badan usaha mitra MBKM.
  9. Melakukan sosialisasi Program MBKM di lingkungan Perguruan Tinggi.
  10. Memfasilitasi pelaksanaan MBKM di kampus untuk interaksi secara aktif dan dinamis.
  11. Memberikan layanan kepada mahasiswa jika terjadi keadaan darurat.
  12. Memfasilitasi dan memastikan ketersediaan akomodasi bagi mahasiswa peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka atau program yang sejenis.
  13. Memantau keaktifan atau kehadiran mahasiswa peserta MBKM  pada setiap kegiatan dalam MBKM melalui sistem informasi yang tersedia.
  14. Memantau pekerjaan dosen pembimbing lapangan kegiatan MBKM melalui sistem informasi yang tersedia.
  15. Melakukan koordinasi dan pengawasan terkait pemenuhan dokumen administrasi dan keuangan.
  16. Memastikan mahasiswa yang tidak menyelesaikan Program MBKM untuk mengembalikan dana yang telah diberikan oleh pemberi dana sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

 

Galeri

Kegiatan Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka